Rabu, 13 November 2013

Pengertian Printer


         Printer adalah alat untuk mencetak data yang dikirim oleh komputer, baik berupa teks, gambar, tabel, atau pun foto. Setelah data tersebut Anda kirimkan dari komputer, kemudian Anda memerintahkan untuk memproses data, printer akan memprosesnya dan akan mencetaknya ke kertas yang sudah Anda sediakan. Pada gambar berikut ini saya akan menunjukkan bagian-bagian yang terdapat pada printer.
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgS8FqX3OW9io7jmFTlTB9K_19XHQicR6BnFcT8uaDj0J1G7-XgbHPGwykvia3brQ3jxZZSuKcEME_gLfAVhkhC_cl3_TnNo34kh-3GITnEe5jjXOxdy7it6US7CBKxtizndU0KZ_A0Y1bB/s1600/Printer-300x211.jpg
Gb 1.12 Bagian-bagian printer





        Pada gambar di atas merupakan gambaran bagian-bagian dari printer pada umumnya. Selain bagian-bagian pada printer di atas, printer juga mempunyai komponen yang lain, sebagai contoh adalah kabel data, power adaptor, dan yang paling penting adalah Cartridge.
Jenis-jenis Printer di kelompokkan ke dalam beberapa tipe yakni:

1. Printer Dot Matrix
     Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhP1xaKlc2yj2X3KntKPzImR4StG83365nPuiFrOG9IoNTK6CaLEG2M-04EJJ1_zqWJHJdluTy-yZXBE5elA1CH5cY1Erw28o-tatR57t520_yogJbeFyJ0fOxVRwg5pXNNSolXfsTI00fQ/s1600/Printer-Dot-Matrix.jpg
    Gb 1.13 Printer Dot Matrix
       Printer dengan teknologi Dot Matrix ini menggunakan alat semacam jarum dalam menghasilkan sebuah cetakan baik itu berbentuk teks, tabel, maupun gambar. Model dan jumlah jarum yang dipakai sangat bervariasi untuk setiap produsennya. Saya contohkan, printer jenis ini dapat Anda temukan pada wartel, supermarket, apotik, atau pun perusahaan pembiayaan. Model printer ini menggunakan semacam pita berwarna dalam menghasilkan cetakan.

2. Printer Bubble Jet
     Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWpVb73s0UB8kmsFo1K1YUOxvHUJNOTsHMF7gvDl4YWRi3IffSW_uINzgj6T5dHQTo3gWFqJyGos2QjEUdRwBKoBUQbW7MPJKRitOYRKZMNWmzQ09hUziS-eHkM7eayL8py0jLWNZ3PzG2/s1600/Printer-Bubble-Jet.jpg
      Gb 1.14 Printer Bubble Jet
        Printer jenis ini masih bertahan hingga sekarang dan terus berkembang hingga saat ini. Teknologi ini lebih diminati oleh banyak orang, karena hasil cetakannya lebih baik dan lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi sebelumnya seperti Dot Matrix. Model tintanya pun berbentuk cairan yang warnanya bermacam-macam tergantung pada setiap teknologi yang dimiliki oleh printer jenis ini, seperti contoh RGB(Red Green Blue) atau pun CMYK(Cyan Magenta Yellow Black) setiap teknologi warna di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

3. Printer Laser Jet
         Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8d-MFWPSTuIyTXkC-N4J9JWy-esCoLpl5oZ8n8snZOyYk7xPMuLMuI_mYutc4wa3JeaHlh8W_LJgisZz-7540H0cLwRObMLOa90wi5L8FGNZLUr99cxTnACet4f8JicFJdMT9D_dU5PmZ/s1600/Printer-Laser-Jet.jpg
          Gb 1.15 Printer Laser Jet
        Pada tipe ini menggunakan Laser sebagai alat dalam menghasilkan cetakan. Sistem kerjanya hampir sama dengan mesin foto copy, dimana tintanya berbentuk serbuk yang di lewatkan pada alat pemanas dengan suhu yang sangat tinggi.
Berikutnya saya akan memberikan tips cara mengoperasikan Printer. Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah menginstal software driver pada komputer atau laptop Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Hubungkan kabel data dan adaptor pada printer
  2. Sambungkan kabel adaptor pada sumber listrik
  3. Nyalakan komputer atau laptop, tunggu sampai proses booting selesai
  4. Nyalakan printer dengan menekan tombol power
  5. Masukkan CD Software Driver ke dalam komputer atau laptop Anda
  6. Tunggu sampai muncul tampilan instalasi hardware di layar
  7. Ikuti petunjuk di layar sampai tahap dimana instalasi meminta untuk menghubungkan printer ke komputer
  8. Tancapkan kabel data USB printer ke dalam komputer, tunggu sampai proses pendeteksian selesai.
        Setelah komputer atau laptop Anda dapat mengenali printer dengan baik, maka printer siap untuk di gunakan untuk mencetak data dari komputer atau laptop Anda. Berikut ini langkah-langkah untuk mencetak data dari komputer atau laptop Anda:
  1. Bukalah program aplikasi yang akan Anda gunakan untuk mencetak data
  2. Klik menu file
  3. Pilih Print
  4. Klok OK/Print
  5. Tunggu sampai proses mencetak selesai.

Printer memiliki bagian-bagian penting di antaranya

1. Motherboard/ Board
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Motherboard/Board Printer pada umumnya
Gb 1.16 Motherboard pada printer


        Board Printer tidak sama dengan Motherboard komputer dan motherboard laptop. baik dari segi ukuran maupun fungsi memikiki perbedaan. Board printer tertanam berbagai chip-chip pemrograman yang telah diset otomatis menggunakan software khusus. Dalam Motherboard komputer disebut Bios.

Chip yang menempel pada board yang telah di set berfungsi menjalankan perintah manual yang terhubung melalui perangkat komputer maupun laptop yang telah terinstal oleh software.

2. Cartridge
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: cartridge Printer
Gb 1.17Cartridge printer

         Cartridge kalau ibarat manusia sebagai otaknya. Jika Otak nya tumpul juga menghasilkan kurang bagus, jika otaknya encer mengerjakan soal ujian hasilnya pun bagus. Begitu juga dengan Cartridge, Jika Cartridge  yang di pake untuk print sudah aus, maka hasil yang didapatkan dari printer tersebut juga tidak sempurna.

Untuk menghasilkan Kualitas Print yang bagus juga dibutuhkan tinta yang berkualitas, dalam hal ini telah memenuhi standar kualitas cetak. banyak Jenis printer yang memiliki kualitas cetak yang bagus seperti Jetprint, BluePrint, DataPrint, Super Ink, dan tentu masih banyak lagi.

3. Rumah Catridge
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: rumah cartridge
Gb 1.18rumah cartride pada canon ip 2770


        Seperti halnya Processor yang terpasang pada socetnya, Cartridge juga demikian. Cartridge terpasang pada rumah cartridge didalam printer case. Cara instalasi cartridge pada rumah printer sangat mudah sekali.

4. Head Print
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: head cartridge
Gb 1.19 Head Print/ lokasi keluarnya tinta

        Head Print merupakas bagian penting dalam cartride yang fungsinya sebagai tempat keluarnya tinta, baik tinta hitam maupun warna. 

5. Chip Board

        Chip ini berfungsi menghubungkan antara cartridge dengan Board/Motherboard. Umumnya penghubung pada printer menggunakan kabel flexible dan tidak mudah patah oleh pergeseran Pada Cartridge.

6. Roll Pint
        Rol tersusun secara mekanik yang berisi gear/gir sebagai pemutar yang mengeluarkan hasil print/ kertas. Pada printer standard roll tersusun dari satu buah gulungan karet besar yang berfungsi mengeluarkan kertas.

7. Adaptor
        Sama halnya dengan perangkat laptop, Printer juga memiliki adaptor yang mensuplai arus listrik dari tegangan AC ke tegangan DC.  Biasnya tegangan adaptor printer menggunakan 220V dengan output Voltase 12V.

8. Case Print
        Case Print atau casing,  Secara umum berfungsi segabai rumah print.  Case standard biasanya terbuat dari bahan plastik yang tidak mudah pecah. Pada umumnya merk dagang yang dipasarkan seperti Canon, Hp, Samsung, Epson menggunakan bahan dasar yang sama. Yang membedakan hanya warna dan model dari masing-masing merk

9. Cable
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEit3ygPXgt0ZvvY7J_SGyxvSYtEL6hwBvTbYO_ZThfy3kri7B8BFF3ZtX3Nxxk7Qs4GRcHLDLT7jj-R6iYmfHeCRt322TNS45kmWAlfMcDY3FX_w1p_rsl-q9JDfDhmPptiMANocvnhEJ4/s320/IMG_1698.JPG
Gb 1.20 Kabel/ penghubung arus ke adaptor

        Seperti alat elektronik lainya, kabel sebagai penghantar arus ke adaptor. Cabel standard biasanya berukuran kecil dengan panjang rata-rata 1,5 meter.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons